6 Penyebab WiFi Lemot yang Bikin Harimu Suram, Ini Cara Mengatasinya

Suara.com – Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan internet, Wi-Fi menjadi salah satu layanan yang saat ini wajib tersedia di setiap rumah. Jauh lebih efektif ketimbang jaringan internet seluler, Wi-Fi mampu menyediakan koneksi internet super cepat dan tanpa memiliki batasan kuota.

Karena alasan inilah mengapa banyak orang lebih cenderung memasang layanan internet Wi-Fi dengan harga sedikit mahal, namun mampu memenuhi segala kebutuhan internet seluruh penghuni rumah.

Meski begitu, bagi Anda yang sudah lama memasang layanan internet ini, pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah gangguan koneksi atau jaringan lemot yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Padahal, kalau dilihat pada ikon Wi-Fi di smartphone menunjukkan sinyal yang penuh. Kalau mendapati masalah seperti ini, kebanyakan dari Anda pasti akan langsung menyalahkan pihak providernya, bukan?

Baca Juga: Kesepian Saat Pandemi Bikin Remaja Jadi Kecanduan Internet

Namun, tunggu dulu, tak semua gangguan internet Wi-Fi disebabkan oleh kesalahan pihak provider saja. Jika ditelisik lebih dalam, ada banyak faktor yang dapat membuat jaringan internet lemot atau tak secepat biasanya, seperti, kesalahan pengguna atau ada kerusakan pada mesin router Wi-Fi.

Nah, sebelum buru-buru mengajukan komplain, cek dulu 6 penyebab internet Wi-Fi lemot, beserta cara mengatasinya berikut ini.

1. Perangkat Tak Terhubung ke Jaringan Wi-Fi

Sebelum melancangkan komplain atau mengotak-atik mesin router, ada baiknya untuk memastikan bahwa perangkat Anda telah terhubung ke jaringan internet Wi-Fi. Ada kalanya saat terlalu bersemangat untuk terhubung ke dunia maya, Anda lupa untuk mengaktifkan fitur Wi-Fi pada smartphone ataupun laptop dan malah menggunakan jaringan internet dari paket data.

Kalau memang benar begitu, tentu Anda akan merasa malu kalau sampai terlanjur mengajukan komplain kepada pihak provider, bukan? Oleh karena itu, sebelum balik kucing akibat kelalaian sendiri, pastikan dulu bahwa perangkat Anda telah terhubung ke jaringan internet yang semestinya.

Baca Juga: Hore! Netflix Punya Fitur Baru, Bisa Download Tanpa Internet

2. Kabel LAN Terputus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *