Ingin Memulai Gaya Hidup Sehat? Mulai dengan 4 Langkah Ini!

Suara.com – Selain faktor genetik, kesehatan tubuh juga sangat dipengaruhi gaya hidup yang dijalani. Meski sudah menyadari kalau menjalani gaya hidup sehat akan baik bagi tubuh, menjalankannya seringkali terasa berat.

Terlebih dengan banyaknya godaan, terutama makanan tinggi garam, gula, dan lemak yang selalu ramai diiklankan. Namun, sangat penting mencoba yang terbaik untuk menjaga kesehatan sampai tua nanti.

Memilih untuk menerapkan gaya hidup sehat tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga dapat berdampak positif pada kesejahteraan mental. Jangan bingung atau cemas akan kesulitan menjalani hidup sehat.

Dikutip dari London Post, kamu bisa mulai gaya hidup sehat dengan empat langkah sederhana di bawah ini. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Bikin Kacau, Ini Dampak Buruk Asupan Tinggi Fruktosa pada Sistem Kekebalan

1. Perbanyak porsi makan sayur dan buah

Buah dan sayuran (Shutterstock)
Buah dan sayuran (Shutterstock)

Sayur dan buah memiliki nutrisi penting dan vitamin yang dibutuhkan agar tubuh berfungsi dengan benar. Ahli gizi menyarankan, untuk setidaknya mengonsumsi sayur dan buah lima kali sehari.

Ganti camilan kripik dengan apel atau buat sendiri salad sehat yang enak sebagai gantinya. Ubah kebiasaan konsumsi junkfood dengan makanan yang lebih banyak sayuran.

2. Makan dengan porsi yang benar

Ingin Memulai Gaya Hidup Sehat? Mulai dengan 4 Langkah Ini! - 2

Sangat penting untuk makan dengan porsi yang dapat diterima sepanjang hari. Memastikan sarapan, makan siang, dan makan malam adalah cara terbaik untuk menerapkan pola makan sehat.

Baca Juga: Bos Baru BPJS Kesehatan Janji Benahi Sistem JKN-KIS

Misalnya, memilih untuk melewatkan sarapan dapat menyebabkan rasa lapar yang tidak terkendali dan bisa berakibat makan berlebihan ketika siang. Makan secara teratur juga dapat mengontrol ukuran porsi. Kalaupun lapar saat tengah malam, dapat menikmati camilan sehat, seperti buah, untuk memuaskan perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *