Ini Rahasia Membuat Pancake dengan Tekstur yang Halus!

Suara.com – Pancake merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Selain rasanya yang nikmat, makanan yang satu ini juga mudah dibuat.

Namun, sering kali saat membuat pancake, tekstur yang dihasilkan kasar dan tidak lembut.

Untuk itu di bawah ini terdapat tips membuat pancake agar tekstur yang dihasilkan lembut saat di makan, seperti yang dikutip dari Say Yes. Berikut beberapa tipsnya!

1. Jangan mengaduk adonan berlebihan
Salah satu penyebab pancake menjadi kasar yaitu karena mengaduk adonan terlalu berlebihan. Hal ini terjadi karena gluten yang terdapat pada tepung.

Baca Juga: Inspirasi Menu Sarapan: Resep Pancake Super Mudah

Ilustrasi hidangan fluffy pancake. (Shutterstock)
Ilustrasi hidangan pancake. (Shutterstock)

Terlalu banyak mengaduk adonan berarti protein gluten akan terikat terlalu erat dengan protein gluten lainnya. Hal ini akan menyebabkan terlalu banyak ikatan sehingga pancake menjadi keras karena tidak ada ruang untuk gelembung udara.

2. Diamkan adonan ketika selesai
Saat adonan selesai, jangan langsung memasaknya. Diamkan adonan selama 15-30 menit. Hal ini memungkinkan bahan-bahan dapat meresap ke dalam tepung sehingga memberikan tekstur yang baik. Adonan juga bisa didiamkan semalaman, lalu saat pagi bisa mulai untuk memasaknya

3. Pisahkan putih telur
Saat memasukan telur ke adonan, agar membuat pancake mengembang dan lembut pisahkan proses memasukan putih dan kuning telur.

Saat mencampur bahan masukan kuning telur tanpa putihnya. Setelah adonan siap, saat ingin dimasak campurkan putih telur. Hal ini dapat berguna untuk memebuat pancake yang dibuat memiliki tekstur yang baik.

4. Tunggu hingga muncul bintik-bintik
Saat memasaknya tunggu adonan pancake muncul bintik atau gelembung seperti memasak martabak. Setelah bintik tersebut muncul lalu balikan pancake. Hal ini agar terdapat udara pada pancake sehingga memberikan tekstrur yang lembut.

Baca Juga: Menu Sarapan: Resep Pancake Nutella Buah Anti Ribet Ala Chef William Gozali

5. Balikan pancake hanya satu kali
Usahakan untuk membalik pancake hanya satu kali. Ketika membalikannya lebih dari satu kali akan membuat tekstur pancake menjadi rata. Untuk itu sebelum saat dibalik, pastikan satu sisi matang dengan sempurna, jadi tidak perlu mebaliknya berkali-kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *