Kamera Sinematik Full-Frame Sony FX3 Meluncur

Suara.com – Sony resmi memperkenalkan kamera FX3 sebagai bagian dari perangkat Cineme Line Sony. Kamera ini mengkombinasikan teknologi sinema digital Sony dengan berbagai fitur pencitraan dari kamera mirrorless Alpha untuk menghadirkan tampilan sinematik.

“Kamera ini memungkinkan para kreator untuk merealisasikan ekspresi visual mereka ke dalam dunia sinema melalui konten yang imersif,” kata Kazuteru Makiyama selaku President Director PT Sony Indonesia dalam keterangan yang diterima, Kamis (25/2/2021).

Kamera Sony FX3 memiliki sensor CMOS Exmor R back-illuminated full-frame dengan 10.2 megapiksel untuk perekaman film dan mesin pengolahan gambar BIONZ XR untuk memastikan sensitivitas tinggi dengan noise rendah.

Rentang ISO standar dari kamera ini adalah 80 hingga 102.400 yang dapat ditingkatkan hingga 409,600 saat merekam film. FX3 juga menghadirkan dynamic range-nya lebar, yaitu 15+ stop.

Baca Juga: Kamera Sony Alpha 1 Meluncur, Harganya Rp 91 Juta

Kamera FX3 memungkinkan pengguna untuk menciptakan tampilan sinematik tanpa pasca-produksi menggunakan S-Cinetone. Berdasarkan colour science yang terinspirasi dari kamera VENICE andalan Sony, S-Cinetone menghadirkan mid-tone natural, warna lembut dan highlight halus yang penting untuk tampilan sinematik.

Lebih lagi, kamera FX3 memungkinkan para kreator untuk membuat film dengan format 4K hingga 120 frame per detik. Pencitraan slow-motion yang hingga 5x pada resolusi QFHD (3840 x 2160) dengan autofokus memberikan kemampuan ekspresif baru pada kamera ini.

Kamera FX3 menawarkan Fast Hybrid autofocus (AF) dengan menggunakan sistem focal plane phase-detection 627 titik selama perekaman film. Selain itu, fitur AF lainnya juga telah tersedia, termasuk AF Transition Speed, AF Subject Shift Sensitivity, kontrol intuitif dan dukungan AF saat pemfokusan manual.

Kamera FX3 berukuran tinggi 77,8 mm, lebar 129,7 mm, dan kedalaman 84, mm dengan bobot 715 gram. Grip FX3 telah didesain dengan untuk memberikan fleksibilitas, stabilitas, dan kenyamanan untuk pengambilan gambar dengan durasi panjang.

Body kamera FX3 memiliki 5 thread hole (1/4-20 UNC) untuk memasang aksesori yang kompatibel. Unit pegangan XLR dapat terpasang dengan ke bodi kamera melalui Multi Interface Shoe tanpa memerlukan alat khusus dan dilengkapi 3 thread hole tambahan untuk aksesoris, dua di bagian atas dan satu di bagian ujung.

Baca Juga: Oppo Find X3 Diprediksi Muncul dengan Lensa Sony IMX789

Bagian body FX3 juga memiliki kipas untuk pendinginan yang memungkinkan perekaman 4K 60p tanpa gangguan dan penghentian termal. Kamera terbaru ini juga memiliki desain tahan debu dan kelembaban, serta casis magnesium alloy yang tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *